Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri Ajak Berdaya Bareng-bareng soal Kesehatan

Kompas.com - 26/06/2012, 20:12 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat pelayanan kesehatan masyarakat di Jakarta, calon gubernur DKI jalur independen Faisal Basri Batubara mengunjungi salah satu Puskesmas di Jakarta Barat. Dalam program kampanye bertajuk "Independen Menyapa" itu, Faisal menjanjikan gratis biaya rumah sakit bagi warga tidak mampu dan lanjut usia.

Hal tersebut disampaikan Faisal saat mengunjungi Puskesmas Cengkareng, Jakarta Barat, pada Selasa (26/6/2012) siang. Dalam kunjungan tersebut, Faisal menyalami para pengunjung puskesmas dan pasien yang sedang mengantre berobat.

Selain berbincang-bincang dengan petugas dan menanyakan teknis pelayanan serta fasilitas kesehatan di Puskesmas, Faisal juga berdialog dengan sejumlah pasien di sana. "Kita berdaya bareng-bareng untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Jakarta. Tidak boleh ada lagi perbedaan perlakuan pelayanan kesehatan bagi seluruh puskesmas dan rumah sakit di Jakarta," katanya usai berkeliling Puskesmas.

Menurut Faisal, program kesehatan masyarakat nantinya akan mengikuti Undang-Undang DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional) dan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Sistem kesehatan akan dibangun dengan prinsip solidaritas sosial. Prinsip ini secara operasional akan dilakukan dengan membangun sistem asuransi sosial, sehingga pelaksanaannya tidak melihat status sosial miskin atau pun kaya.

"Nanti akan ada Kartu Asuransi Kesehatan Warga, seperti yang dimiliki Pegawai Negeri Sipil, untuk semua warga tidak terkecuali miskin atau kaya. Bagi yang masuk kategori miskin, iuran akan dibayar Pemda sesuai dengan perintah undang-undang. Dengan Kartu Asuransi Kesehatan Warga itu, warga tidak perlu uang muka," tegasnya kepada para pengunjung.

Faisal juga menjelaskan, sistem Kesehatan melalui Kartu Asuransi Kesehatan Warga ini tidak akan menekan tenaga medisnya seperti dokter dan perawat. Mereka tetap akan dibayar sesuai dengan standar profesional kerja, sebab dana yang terkumpul melalui asuransi mencukupi hal tersebut.

Disampaikannya juga, bahwa Kartu asuransi ini berbeda dengan pelayanan Jamkesda, di mana pelayanan kepada orang miskin tidak maksimal karena tenaga medisnya dibayar di bawah standar.

"Jadi saya kira Kartu Asuransi Kesehatan Warga jauh lebih baik. Ini cara kami (Faisal-Biem) memecahkan masalah kepadatan penduduk di Jakarta Barat, salah satunya soal kesehatan yang layak," pungkas Faisal yang saat itu melakukan kampanye secara terpisah dengan pasangannya Biem Benjamin.

Faisal beserta rombongan datang mengunjungi Puskesmas Cengkareng dengan iring-iringan satu unit mobil odong-odong dan empat mobil pengangkut logistik beserta anggota tim kampanye yang kompak berbusana putih-putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com