Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Jelaskan Kartu Sehat, Ibu-ibu Antusias

Kompas.com - 27/06/2012, 11:14 WIB
Riana Afifah

Penulis

PULAU HARAPAN, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra, Joko Widodo, tidak bosan mengingatkan pada warga bahwa jika dia terpilih nanti maka untuk masalah kesehatan tidak perlu khawatir karena ada kartu Jakarta Sehat.

"Nanti ibu-ibu tidak perlu khawatir jika ada anggota keluarga yang sakit tidak perlu khawatir. Dapat segera dibawa ke rumah sakit karena ada kartu Jakarta Sehat," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, saat berkunjung ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Rabu (27/6/2012).

Para ibu yang hadir menyambut baik program yang diusung oleh pria yang masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta ini. Dengan antusias, para ibu yang mengerumuni Jokowi bertanya tentang manfaat dari kartu Jakarta Sehat ini.

"Jadi, jangan karena tidak ada uang lalu tidak ke rumah sakit saat sakit. Kartu ini nanti bisa digunakan kapan saja di rumah sakit mana saja bagi yang membutuhkan," kata Jokowi. "Ini bisa untuk berobat segala penyakit. Kanker, cuci darah bisa menggunakan kartu Jakarta Sehat. Tapi kalau mata minus, ya itu tidak bisa," ujarnya sambil tersenyum.

Sebelumnya, penerapan kartu jaminan kesehatan yang disebut kartu sehat ini sudah diterapkan oleh Jokowi di Solo. Warga yang tidak mampu tak perlu bersusah payah mengurus pengajuan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui RT/RW lagi agar bisa berobat gratis. Warga tidak mampu didata dengan sistem yang ada pada pemerintahannya dan kartu sehat langsung didistribusikan pada yang berhak. Selanjutnya, warga dapat memperoleh layanan kesehatan di rumah sakit daerah maupun rumah sakit swasta tanpa dipungut biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com