Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok: Gratis sampai SMA Sudah Enggak Zaman

Kompas.com - 03/07/2012, 06:48 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerindra, yaitu Basuki Tjahaja Purnama bersama dengan pasangannya Joko Widodo, terkenal dengan programnya untuk pendidikan berupa Kartu Pintar.

Namun, inovasi untuk program pendidikan ini tampaknya akan ditambah dengan memberi beasiswa untuk anak yang berprestasi sehingga dapat mengenyam pendidikan hingga jenjang sarjana.

"Gratis sampai SMA sudah enggak zaman. Tahun 2015 sudah masuk era perdagangan bebas. Jadi bisa kasih beasiswa anak yang berprestasi, tapi enggak mampu untuk kuliah," kata Ahok, sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota, Jakarta, Senin (2/7/2012).

Ia mengungkapkan bahwa biaya pendidikan di Jakarta terbilang cukup besar dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Namun, dengan anggaran yang besar, masalah pendidikan masih membayangi Jakarta.

"Misalnya anggaran pendidikan di DKI hampir Rp 10 triliun, dibanding dengam APBD Surabaya hanya Rp 5 triliun. Artinya, untuk ngurusin pendidikan di DKI dua kali APBD di Surabaya," ujar Ahok.

"Tapi dengan anggaran sebesar itu, masih ditemukan anak ijazahnya ditunggak. Sementara yang anggarannya lebih kecil malah lebih rapi," imbuhnya.

Untuk itu, ia berkomitmen dengan pasangannya Joko Widodo akan melakukan transparansi anggaran jika nanti terpilih. Dengan demikian, aliran dan alokasi dana APBD jelas sehingga dapat diwujudkan gratis sekolah hingga jenjang sarjana dengan sistem beasiswa.

"Ini kan ada transparansi. Akan kami buka nanti. Dengan mutu pendidikan DKI, diharapkan tidak ada pengangguran," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com