Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Tiba, Langsung Didistribusikan

Kompas.com - 03/07/2012, 16:48 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sampai Selasa (3/7/2012) sore, sekitar 450.000 lembar surat suara tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan. Surat suara dengan lembar cadangannya ini rencananya untuk kebutuhan pemilih di 18 kelurahan.

Surat suara tiba di Kantor KPU Jaksel pertama kali, Selasa dini hari dengan menggunakan dua truk. Hari yang sama KPU Jaksel akan mendistribusikan surat suara itu ke tingkat kecamatan.

Di kecamatan surat suara akan disortir kondisinya. Penyortiran surat suara kembali diteruskan di tingkat kelurahan. "Penyortiran kami lakukan dua kali untuk menghindari penggunaan surat suara yang rusak," tutur anggota KPU Jaksel Abdul Salam.

Adapun sebagian besar logistik pilkada yang lain sudah tiba terlebih dahulu di KPU Jaksel. Petugas sekretariat tengah menyiapkan logistik itu sebelum didistribusikan ke tingkat kecamatan.

Selain menunggu kedatangan surat suara, saat ini KPU Jaksel sedang menyortir kartu pemilih ganda. Penyortiran dilakukan 24 jam sejak Senin (2/7/2012) pagi. Pekerjaan ini dilakukan oleh 30 anggota Pramuka yang terbagi dalam tiga kelompok.

Tim penyortir menyeleksi 5.900 nama ganda dari 1,522 juta kartu pemilih. Kartu pemilih ini, tidak boleh diedarkan dan akan diserahkan kembali ke KPU Jakarta. Penyortiran berlangsung dalam pengawasan tim teknis KPU Jaksel dan petugas keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com