Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koridor Ciledug-Blok M Segera Dibangun

Kompas.com - 04/07/2012, 18:43 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Target pembangunan 15 koridor bus Transjakarta tampaknya akan segera terwujud. Setelah koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit) diresmikan pada akhir tahun nanti, koridor baru dengan rute Ciledug-Blok M segera dibangun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Sarwo Handayani, mengatakan bahwa koridor busway dengan rute Ciledug-Blok M akan menjadi prioritas pembangunan selanjutnya.

"Memang jalur tersebut prioritas karena lalu lintas di situ sangat padat. Nantinya pada koridor itu akan dibuatkan jalur layang," kata Yani, sapaan akrab Sarwo Handayani, saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Kendati demikian, pihaknya masih mengkaji tentang penggunaan jalur layang tersebut. "Ada empat jalur pada jalur layang tersebut. Jadi kalau hanya untuk bus Transjakarta saja sayang. Tapi masih dikaji apakah bisa juga dilintasi kendaraan lainnya," ungkap Yani.

Jalur layang ini direncanakan dibangun sepanjang tiga kilometer yang terbentang dari Paku Buwono hingga Ciledug. Dana yang akan digunakan untuk membangun jalur ini disiapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013.

"Untuk pembiayaannya, kami siap pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2013. Karena penambahan dua jalur lagi bukan linier," ujarnya.

Konsep pembangunan jalur layang ini nantinya akan serupa dengan dua Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang dan Antasari-Blok M yang saat ini sedang dibangun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berkomitmen akan menyelesaikan tiga koridor busway di beberapa titik yaitu koridor Ciledug-Blok M, koridor Kalimalang-Blok M, dan koridor Depok-Manggarai. Dengan demikian, target 15 koridor sesuai dengan cetak biru Pola Transportasi Makro dapat terwujud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com