Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus-bus Lain Dimungkinkan Lewat Jalur Busway

Kompas.com - 05/07/2012, 15:01 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang menggagas kemungkinan menyatukan semua bus di satu lajur. Lajur yang saat ini dipakai untuk Transjakarta bisa saja digunakan untuk bus-bus lain.

Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan menyamakan standar spesifikasi bus. "Ke depan memungkinan semua bus termasuk Transjakarta dan bus lain dalam satu lajur. Saat ini ide sedang dalam kajian, pada prinsipnya tidak sembarangan bus bisa masuk jalur Transjakarta," tutur Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Kamis (5/7/2012) di Ragunan, Jakarta Selatan.

Sementara ini, sebagian trayek bus umum terintegrasi dengan jalur bus Transjakarta. Sejumlah wilayah sudah mengoperasikannya sebagai bus pengumpan atau feeder bus Transjakarta.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi penumpang di luar trayek Transjakarta mengakses bus tersebut.

"Ada kemungkinan proses itu dilakukan. Untuk mewujudkannya perlu waktu dan keterlibatan banyak pihak. Pada prinsipnya kualitas bus harus sama, sehingga ada standar pelayanan yang sama," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com