Kompas.com - 16/07/2012, 16:49 WIB
EditorMarcus Suprihadi

SLEMAN, KOMPAS.com — Kepala Satuan Brimob DI Yogyakarta Komisaris Besar Gatot Sudibjo menyatakan, bom yang digunakan dan ditinggalkan pelaku perampokan di Kantor Kas BRI RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Senin (16/7/2012) pagi tadi, dirakit oleh seseorang yang profesional.

"Benda tersebut memang asli bom yang memiliki daya ledak rendah. Meski demikian, bom tersebut dirakit seseorang yang profesional dalam membuat bom," kata Komisaris Besar Gatot Sudibjo.

Menurut dia, tidak semua orang bisa membuat bom rakitan tersebut, dan bom ini juga dirakit cukup rapi. "Tadi saat benda tersebut diurai, alat pengurainya terpental. Ini di luar kebiasaan," ucapnya.

Ia mengatakan, walau demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah pelaku perampokan yang membawa bom itu merupakan anggota jaringan terorisme atau bukan.

"Kami belum dapat memastikan apakah pelaku perampokan merupakan anggota jaringan teroris, ini masih harus melalui penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Aksi perampok di Kantor Kas BRI RSUP Dr Sardjito tersebut juga terekam kamera CCTV milik bank. "Dalam rekaman CCTV terlihat pelaku berperawakan tinggi besar dan menggunakan penutup muka. Pelaku juga sempat mengancam karyawati bank dan memecah kaca bank," kata Kapolres Sleman Ajun Komisaris Besar Hery Sutrisman.

Menurut dia, rekaman kamera CCTV ini menjadi bekal bagi jajarannya untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. "Harapannya, dari ciri-ciri yang terekam kamera CCTV ini pelaku dapat diungkap," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.