Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses Jokowi-Ahok Minta Putaran Kedua Dimajukan

Kompas.com - 19/07/2012, 22:04 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua sudah diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta. Hari pemungutan suara putaran kedua jatuh pada 20 September. Menanggapi hal ini, anggota Tim Sukses Jokowi-Ahok, Denny Iskandar, meminta jadwal pemungutan suara dimajukan sehari dari tanggal yang ditentukan. Hal ini untuk mengantisipasi tingginya jumlah golput pada pemungutan suara putaran kedua.

"Kami minta dimajukan. Karena 20 September jatuh pada hari Kamis dan sama aja seperti long weekend," kata Denny, saat Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada DKI Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Memang menjadi kebiasaan warga Jakarta berlibur ke luar kota saat long weekend, hal itu diperkirakan dapat mengakibatkan angka golput kian meningkat. "Pemungutan suara putaran pertama saja hari Rabu. Kenapa tidak dibuat lagi saja hari Rabu. Itu akan lebih baik," ujar Denny.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan akan menampung masukan dari tim sukses pasangan nomor urut tiga tersebut. Nantinya, hal ini akan dibicarakan pada agenda pleno Jumat (20/7/2012).

"Kami terima masukannya. Kami akan bicarakan itu saat pleno besok karena detail putaran kedua akan dibahas besok," ujar Sumarno.

Pilkada DKI Jakarta 2012 sudah dipastikan melaju ke putaran kedua. Jadwal dan tahapan juga sudah dipersiapkan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta. Namun, calon yang akan maju belum ditetapkan secara resmi oleh KPU Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini meski telah diketahui dua pasangan calon pemilik suara terbanyak adalah pasangan Foke-Nara dan Jokowi-Ahok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com