Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onthelist Lebih Suka Mencari Onthel Dari Jawa

Kompas.com - 21/07/2012, 19:58 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Di Balikpapan, Kalimantan Timur, sepeda kumbang alias sepeda onthel yang beredar di jalanan, ternyata banyak yang berasal dari Pulau Jawa. Penggemar onthel atau  disebut onthelist, lebih suka mencari dan membeli onthel dari Jawa, dengan alasan pilihan onthel lebih banyak dan lebih mudah mencari.

"Onthelist di Balikpapan mungkin merasa sulit mencari onthel bagus dan cukup orisinil di Balikpapan, juga di Kaltim ini," ujar Suliyono, pengurus Paguyuban Onthel Balikpapan Mania (Obama) yang juga pemilik bengkel onthel di Pasar Baru, Balikpapan, Sabtu (21/7/2012).

Padahal di zaman dulu, Balikpapan dan sekitarnya dan sejumlah wilayah di Kaltim banyak onthel beredar. "Namun onthel-onthel itu lalu dibawa ke Jawa, dan sekarang orang di sini yang malah mencari onthel di Jawa," ujar lelaki yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Nono ini.

Menyinggung perkembangan onthel di Balikpapan, ia memprediksi lama-lama akan semakin banyak yang tertarik. Hanya perlu disosialisasikan terus, misalnya menggelar pameran. Belum pernah ada pameran onthel di kota itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com