Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Sapu Jagad Tidak Dijalankan

Kompas.com - 23/07/2012, 04:58 WIB

Jakarta, Kompas - PT Kereta Api Indonesia Daop I memastikan tidak akan menjalankan kereta sapu jagad dalam masa Lebaran 2012. Alasannya, kereta kelas ekonomi yang didesain tanpa tempat duduk itu dinilai tidak lagi manusiawi.

”Tahun ini, kami tidak menjalankan kereta sapu jagad lagi karena alasan kemanusiaan,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Mateta Rijalulhaq, Minggu (22/7).

Kereta komunitas atau kereta yang ditujukan untuk mengangkut sepeda motor dan dua penumpang juga tidak dijalankan dalam musim Lebaran kali ini. Pada tahun lalu kereta komunitas ini tidak laku.

Ada 10 rangkaian kereta tambahan Lebaran yang terdiri dari lima kereta komersial dan lima rangkaian kereta ekonomi. Kereta komersial tambahan beroperasi 14-26 Agustus, sedangkan kereta ekonomi tambahan beroperasi 12-27 Agustus. Jumlah kereta jarak jauh reguler 48 perjalanan per hari. Total maksimal ada 58 kereta yang akan diberangkatkan dari Jakarta di masa Lebaran.

Meskipun sudah ada kereta tambahan, jumlah kursi yang tersedia dari Jakarta menuju daerah-daerah di Jawa berkurang 6.000 kursi per hari. Penurunan jumlah itu karena pembatasan daya angkut kereta penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia.

Jumlah kereta yang ada saat ini dikerahkan seluruhnya untuk mengangkut penumpang yang berangkat dari Jakarta. Khusus untuk kereta ekonomi, PT KAI menjalankan rangkaian tambahan Lebaran sesuai dengan kontrak public service obligation (PSO) dengan pemerintah. PSO merupakan pembiayaan dari pemerintah untuk menutup selisih antara biaya operasional dan harga tiket.

Masa angkutan kereta Lebaran diberlakukan mulai 12 Agustus hingga 30 Agustus. Puncak arus mudik diperkirakan tanggal 16 Agustus. Mulai empat hari sebelum Lebaran hingga tiga hari setelah Lebaran, PT KAI tidak menjual tiket langsung untuk keberangkatan hari itu.

Ada lima stasiun kebarangkatan dari Jakarta, yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Tanah Abang, Tanjung Priok, dan Jakarta Kota. Adapun kereta tambahan akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Tanah Abang, dan Tanjung Priok. Kereta tidak berhenti lagi di stasiun lain hingga Cikampek.

Khusus untuk kereta Argo Parahyangan tujuan Bandung dan kereta Purwojaya tujuan Cilacap, calon penumpang dapat naik juga dari Stasiun Jatinegara. Pada masa Lebaran, kereta angkutan barang tidak dioperasikan tanggal 12 sampai 27 Agustus. (ART)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com