Kompas.com - 24/07/2012, 14:31 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com - Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri, Jawa Timur melakukan pemeriksaan kelayakan daging sapi maupun daging ayam di beberapa pasar, Selasa (24/7/2012). Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin kemanan konsumen dari daging rusak atapun akibat glonggongan.

Di Pasar Pamenang, para petugas mendatangi para pedagang dan langsung melakukan pemeriksaan terhadap daging yang dicurigai tidak layak. Mereka memeriksanya dengan pengecekan kondisi fisik daging serta pengecekan menggunakan tester untuk mengetahui tingkat keasaman dan kadar air. Dari pemeriksaan itu rata-rata daging sapi maupun ayam yang dijual di pasar terbesar di Kabupaten Kediri itu masih dalam taraf layak konsumsi, tidak diketemukan daging rusak.

Kandungan PH atau tingkat keasamannya masih 5, artinya dalam batas normal dan begitu juga kadar airnya, masih 77 persen hingga 80,9 persen. "Dari pemeriksaan tadi tidak diketemukan adanya daging glonggongan ataupun ayam tiren. Semuanya masih wajar," kata Yuni Ismhawati, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri.

Dalam pemeriksaan yang dilanjutkan di Pasar Kandangan itu, petugas juga mengimbau kepada para pedagang untuk menghindari penjualan daging yang rusak karena dapat merugikan masyarakat. "Kalau ada daging yang biru-biru agar segera ditarik. Namun tadi kita tidak menemukannya," imbuhnya.

Mariatun, salah satu pedagang daging mengaku sempat kaget dengan adanya pemeriksaan itu. Namun juga senang karena dapat menepis anggapan masyarakat tentang daging glonggongan yang sempat heboh pada dibeberapa kota pada tahun lalu. "Untungnya dagangan saya seger-seger," kata Mariatun.

Data dari Dinas Peternakan setempat, populasi sapi potong mencapai 268.203 ekor dan stok daging per Juli mencapai 931.898 kilogram. Sedangkan stok produksi daging secara keseluruhan mencapai 3.548.068 kilogram. Sejak awal puasa ini harga daging mencapai Rp 60.000 hingga Rp 65.000 per kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.