Kompas.com - 24/07/2012, 18:57 WIB
Penulis Dimasyq Ozal
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian RI memastikan ketersediaan daging sapi selama Ramadhan atau Juli-Agustus tetap aman. Penyediaan daging sapi bahkan diperkirakan surplus atau melebihi jumlah permintaan masyarakat.

 

"Penyediaan daging sapi periode puasa dan lebaran Juli-Agustus diperkirakan surplus 16.580 ton dari kebutuhan sebanyak 83.754 ton," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa ( 24/7/2012 ).

 

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, harga daging sapi pada minggu ini juga sudah mulai stabil bahkan cenderung menurun. Begitupun juga dengan harga daging ayam dan telur.

 

"Kenaikan awalnya dirasakan saat awal-awal puasa, sekarang pada minggu ini sudah mulai stabil bahkan menurun. Di hari puasa ini harga daging sapi masih stabil sekitar Rp 78.000-Rp 79.000. Kita mempersiapkan suplainya lebih terorganisir," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Namun, data Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kemenpan RI menyatakan, total kebutuhan daging sapi hingga akhir 2012 mencapai 484.000 ton, sementara persediaan produksi dagingnya hanya 399.000 ton. Itu artinya ada defisit sebanyak 85.000 ton daging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.