Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pekojan Mengungsi di Kolong Jembatan

Kompas.com - 28/07/2012, 22:14 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang menghanguskan 125 rumah di Kampung Janis, Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, menelantarkan 250 Kepala Keluarga. Kini sebagian warga mencari lokasi penampungan sementara. Pantauan kompas.com sebagian warga memilih singgah di kolong Jembatan Jalan layang Angke Barat, Sabtu (28/7/2012) malam.

Rasimah (45), salah satu warga korban kebakaran Pekojan mengaku untuk sementara memilih tinggal di dekat lokasi kejadian. "Bukannya apa-apa, saya emang belum tahu mau tinggal dimana nantinya sama suami. Belum tahu saya mau ke mana," katanya kebingungan. Ia mengaku rumah kontrakan dan segala isinya lenyap dilalap api.

Demikian pula dengan Mamluatur Rahmah (32), ibu satu orang anak ini juga merupakan warga Kampung Janis. Ia kehilangan rumah dan isinya. "Kalau saya waktu kebakaran sedang keluar lagi ada urusan, pas pulang, rumah saya sudah terbakar, abis semuanya. Saya belum siap mau pergi ke mana-mana," kata Rahmah yang mengaku mendapat kabar kebakaran melalui telepon selular dari seorang kerabatnya.

"Dari telpon kabarnya, tapi alhamdulillah keluarga saya, ibu dan bapak saya yang tinggal di rumah pada berhasil selamat. Sekarang ya kami masih telantar, paling numpang di gudang teman," katanya menunjuk sebuah ruko mini di seberang jembatan layang tadi.

Diberitakan sebelumnya, terjadi kebakaran di Kampung Janis Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Kebakaran tersebut menewaskan dua orang bocah. Sampai saat ini, petugas masih melakukan pendinginan, setelah berhasil memadamkan api sore tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com