Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Awal 2012, 530 Kebakaran Landa Jakarta

Kompas.com - 01/08/2012, 13:45 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung sejak awal 2012 hingga saat ini, sebanyak 530 peristiwa kebakaran menimpa sejumlah wilayah Jakarta. Beberapa di antaranya terjadi pada Sabtu (28/7/2012) lalu di wilayah Jakarta Barat, yaitu di Gang Janis RT 08 RW 07 Tambora, Jakarta Barat dan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Paimin Napitupulu, mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi pada warga agar melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Sudah disosialisasikan terus menerus. Tapi kecerobohan dan keteledoran warga juga tak hilang-hilang," kata Paimin, di Jakarta, Rabu (1/8/2012).

Ia mengungkapkan bahwa sampai saat ini penyebab utama dari kebakaran di Ibu Kota adalah masalah listrik. Hal ini ditengarai banyaknya sambungan listrik ilegal dan kasus pencurian listrik di daerah permukiman padat.

Berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, sebanyak 371 kejadian kebakaran disebabkan oleh masalah listrik. Kemudian sebanyak 57 kejadian disebabkan kompor. Sisanya karena rokok sebanyak 16 kejadian dan berbagai macam penyebab seperti pembakaran sampah atau lilin sebanyak 86 kejadian.

Umumnya kejadian kebakaran itu berlangsung pada siang hari dengan catatan 160 kejadian kebakaran terjadi. Sebanyak 150 lainnya terjadi pada malam hari. Sedangkan kejadian pada pagi hari berjumlah 115 kejadian dan dini hari sebanyak 105 kejadian.

"Untuk itu, kami terus minta warga untuk berhati-hati. Tidak menumpuk-numpuk stop kontak. Dalam bulan Juli ini saja, sudah 20 kejadian," kata Paimin Napitupulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com