Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Puasa, Jakarta Diklaim Bersih dari Balap Liar

Kompas.com - 01/08/2012, 14:01 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya mengklaim Jakarta bersih dari aksi balap liar selama pelaksanaan bulan puasa. Belum ada satu pun aksi balap liar yang ditemukan aparat kepolisian di jalan-jalan Ibu Kota.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan, bersihnya aksi balap liar di Jakarta karena patroli yang ditingkatkan.

"Kami terus berpatroli tiap malam. Ada ratusan anggota yang diturunkan menjaga tempat yang biasa dijadikan balapan liar. Tapi sejauh ini belum ada yang ditindak, tidak ada aksi balapan liar," ujar Sigit di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Rabu (1/8/2012).

Sigit menjelaskan, di luar bulan puasa, ratusan anggota polantas yang bertugas berpatroli di lokasi balapan liar biasanya hanya berpatroli pada malam Minggu. Namun selama Ramadhan ini, setiap malam anggota terus berpatroli.

Selain itu, lanjut Sigit, jumlah personel yang disiagakan juga cukup banyak, yakni 250 personel. Mereka berpatroli di titik-titik rawan balap liar. Jika terlibat langsung balapan liar, maka mobil pelaku balap liar akan ditilang selama dua minggu.

Berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya, tercatat ada 50 lokasi rawan balapan liar di kawasan Jakarta dan sekitarnya sebagai berikut:

1. Jakarta Barat: Ring road Rawa Buaya, ring road Taman Palem, Jl raya Mall Puti, Jl Raya Panjang.

2. Tangerang Kota: Jl Surya Darma, Jl Gatot Subroto, Jl Pajajaran, Jl Raya Siliwangi, Jl Zona Industri, Jl Prabu Kiasantang, Jl Baru Cadas, Jl Kalisabi, Jl Imam Bonjol, depan City Mall, Jl Benteng Betawi, Jl MH Thamrin, Jl Hasyim Ashari, Jl Husein Sastra Negara, Jl AMD, Jl Hos Cokroaminoto.

3. Tangerang Kabupaten: Citra Raya, Green Corp, PD Aren sektor 9.

4. Jakarta Selatan: Buncit Raya, Pangeran Antasari.

5. Jakarta Pusat: Jl Asia Afrika, Jl Ketapang, Jl Benyamin Sueb

6. Jakarta Utara: Jl Marunda, PIK, Kemayoran, Jl Artha Gading, Jl Danau Sunter.

7. Jakarta Timur: Jl Pramuka, depan LP Cipinang, Taman Mini.

8. Bekasi Kota: Jl A Yani, Jl KH Noer Ali, Jl Under Pass, Jl Khairil Anwar, Setu/Bintara, Jl Harapan Indah.

9. Bekasi Kabupaten: Jl Raya Sultan Hasanudin.

10. Depok: Jl Raya Margonda Raya, Perum Kota Kembang, Jl IR H Juanda, Jl Raya Bogor, Jl Raya Ciputat, Komp Biladong, Jl Baru Pemuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com