Kompas.com - 08/08/2012, 14:18 WIB
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com -- Persiapkan arus mudik lebaran tahun ini petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang melakukan uji kelaikan jalan sejumlah bus di Terminal Terboyo, Semarang Rabu (8/8/2012).

Pemeriksaan dilakukan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang akan digunakan para pemudik. Petugas penguji kendaraan bermotor dari Dishubkominfo Kota Semarang Imam Sukoco mengatakan, pemeriksaan tersebut meliputi sejumlah kelengkapan bus. Antara lain fungsi lampu utama, lampu sein, lampu rem, wiper, klakson, roda dan palu pemecah kaca.

Petugas gabungan yang dibantu petugas terminal ini juga menanyakan surat-surat kendaraan meliputi izin trayek, surat tanda kendaraan bermotor (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM).

"Uji kelaikan ini utamanya untuk mengecek kondisi bus yang akan digunakan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat bus yang kurang baik," ujarnya.

Petugas juga memeriksa emisi gas buang bus dengan menggunakan smoke tester yang dimasukkan ke bagian knalpot. Ia menegaskan, Dishubkominfo juga meminta sopir tidak menggunakan ban vulkanisir dan ketebalan kembangan minimal satu centimeter.

"Rata-rata bus yang menjalani uji kelaikan jalan hari ini sudah memenuhi standar, kecuali satu bus yang kaca depannya retak dan kami sudah minta segera diperbaiki. Untuk uji emisi tidak ditemukan bus yang gas buangnya melebihi ambang batas sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Tahun 2006," jelasnya.

Uji kelaikan ini, ungkapnya, akan dilakukan di seluruh terminal yang ada di Kota Semarang. Hal ini sebagai bentuk jaminan keselamatan pada penumpang arus mudik dan arus balik Lebaran. Pihaknya juga mengaku akan menindak tegas dan menilang bus yang awaknya terbukti melakukan pelanggaran berat serta membahayakan pengguna jalan yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.