Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2012, 17:48 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo Kumolo, optimistis Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Jokowi-Ahok, dapat memenangi pilkada DKI Jakarta. Jokowi-Ahok adalah figur dari seorang pemimpin humanis yang akan membangun Jakarta dengan manusiawi.

"Kami yakin Jokowi-Ahok bisa menang karena masyarakat Jakarta ingin perubahan dan pembangunan yang manusiawi," ujar Tjahjo Kumolo di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Tjahjo mengungkapkan, kunjungan Jokowi kepada ketua partai politik yang akhirnya mendukung pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli atau Foke-Nara, hanyalah silaturahmi biasa. Membangun silaturahmi tersebut jangan disalahartikan jika Jokowi mencari dukungan parpol untuk bertarung di putaran kedua nanti yang akan dihelat 20 September 2012.

Menurut Tjahjo, masyarakat kini sudah dapat menilai perfektif dari setiap partai tentang berkomitmen untuk perubahan Jakarta. "Masyarakat sudah bisa menilai mana yang lebih layak memimpin Jakarta, masing-masing parpol optimis bisa-bisa aja kok," katanya.

Tjahjo juga membantah jika Partai Keadilan Sejahtera pernah melakukan manuver politik ke PDIP untuk meminta jabatan strategis jika Jokowi-Ahok memenangi pilkada DKI Jakarta. Dia mengungkapkan, bahwa PDIP sudah biasa dikeroyok oleh partai-partai yang berbeda pandangan dan pendapat dengan PDIP.

Dalam demokrasi, lanjut Tjahjo, hal tersebut sah karena setiap partai politik memiliki kebijakannya sendiri. Dia menambahkan, masing-masing partai tidak dilarang untuk optimis calon yang diusungnya memenangi pilkada, karena hal itu bagian dari demokrasi yang sedang berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com