Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halte Busway akan Dilengkapi CCTV

Kompas.com - 16/08/2012, 19:44 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Layanan Umum Transjakarta berencana memasang kamera closed-circuit television atau CCTV di semua pemberhentian bus Transjakarta. Kebijakan ini dilakukan terkait maraknya aksi pengrusakan shelter busway akhir-akhir ini.

"Kami berencana memasang CCTV di setiap halte untuk mengawasi situasi sekitar," kata Kepala BLU Transjakarta M Akbar saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/8/2012).

Akbar mengatakan, untuk meningkatkan pengamanan fasilitas shelter Transjakarta, BLU Transjakarta sebenarnya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Selain itu, BLU Transjakarta sudah meningkatkan pengawasan dengan menempatkan petugas yang berjaga 24 jam. Sayangnya, pengrusakan masih terjadi hingga kini. "Kami sudah tingkatkan penjagaan dengan menempatkan petugas 24 jam full. Tapi pelakunya masih sulit terdeteksi, " ujarnya.

Ia berharap, dengan penempatan CCTV, oknum-oknum yang melakukan pengrusakan bisa terdeteksi. Hal itu akan memudahkan polisi dalam melakukan pemantauan. Selain itu, CCTV juga akan memudahkan petugas melakukan pemantauan kondisi di halte, terutama terkait antrean penumpang yang membutuhkan prioritas angkutan.

Sementara itu, pihak kepolisian menyambut baik rencana pemasangan CCTV di halte busway. Langkah tersebut dinilai membantu tugas polisi dalam melakukan pengamanan dan penangkapan pelaku bila terjadi pengrusakan. Sejauh ini, yang bisa dilakukan polisi hanya melakukan pemantauan pada jam-jam rawan. "Polisi akan membantu dengan meningkatkan patroli Sabhara pada jam-jam rawan," kata Humas Polsek Metro Tebet Aiptu Broto Suwarno.

Dini hari tadi terjadi pengrusakan atas empat halte busway yang terletak sepanjang ruas jalan tol dalam kota. Pelakunya diduga orang yang sama yang bergerak dari arah Semanggi menuju Cawang dengan mengendarai sepeda motor matic. Pengrusakan dilakukan dengan menembakkan senjata api ke arah kaca halte. Keempat halte yang dirusak berturut-turut dari arah Semanggi adalah halte LIPI, Jamsostek, Tegal Parang (ketiganya di Jalan Gatot Subroto), dan BKPM di Jalan MT Haryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com