Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Kalideres Berjumlah 13.291 Penumpang

Kompas.com - 17/08/2012, 16:13 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun pada H-2 jelang hari raya Idul Fitri 1433 H bertepatan dengan hari libur nasional kemerdekaan Republik Indonesia, namun kepala terminal Antar Kota Antar Provinsi Kalideres mengatakan bahwa berdasarkan data yang ada puncak arus mudik itu H-3.

"Jumlah H-3 kamis kemarin sebanyak 13.291 penumpang, pada tahun kemarin puncak arus mudik yang juga jatuh pada H-3 hanya berjumlah 12.485, rata-rata penumpang mudik ke Pulau Jawa dan Sumatera," kata Hengki Sitorus, Jumat (17/8/2012).

Ia mengatakan, selain data itu, jika dilihat dari data yang masuk pada pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang H-2 sebanyak 4.068, sedangkan H-3 kemarin hingga pukul 13.00 WIB sebanyak 4.201.

Jadi berdasarkan data-data tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa puncak arus mudik jatuh pada H-3. "Untuk jumlah keseluruhan H-2 baru dapat dilihat, Sabtu (18/8/2012) dini hari nanti," ujarnya.

Selanjutnya, meskipun puncak arus mudik pada H-3 mengalami peningkatan jumlah penumpang pada tahun lalu, pihak terminal Kalideres dan Perusahaan Otobus (PO) tidak kewalahan dalam mengatasi para penumpang, pasalnya semua sudah dapat diantisipasi, dari mulai bus cadangan sampai fasilitas pelayanan.

Sementara itu, mengenai data peningkatan jumlah penumpang arus mudik tahun ini, Hengki mengatakan baru bisa diakumulasikan pada H-1 dan H+1.

"Sampai pukul 13.00 wib siang ini, jumlah penumpang H-7 sampai H-2 berjumlah 49.172 penumpang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com