Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ondel-ondel Hibur Warga di Monas

Kompas.com - 18/08/2012, 23:18 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semarak malam takbiran di jantung Ibukota, terutama di Monas, begitu terasa. Selain disuguhi warna-warni kembang api, pengunjung turut dihibur atraksi ondel-ondel.

Bak hajatan besar, dua pasang ondel-ondel menari diiringi musik gambang Betawi, menambah kemeriahan warga yang menikmati malam di Monas. Adi (21), salah seorang anggota rombongan mengatakan, atraksi kali ini ia membawa 17 orang. Masing-masing orang ditempatkan pada tugas tertentu.

Grup pemusik bertugas memainkan gamelan, rebab hingga kecrekan. Grup lainnya bertugas menggerakan ondel-ondel serta ada juga yang bertugas mengumpulkan dana dari pengunjung.

"Grup kami asalnya dari Tanah Tinggi, Gang 12, Jakarta Pusat. Tadi kita mulai kira-kira jam 19.30 WIB. Biasanya memang malam minggu di Monas," ujarnya kepada Kompas.com di sela-sela pertunjukan, Sabtu (18/8/2012) malam.

Dengan lincah, ondel-ondel warna-warni itu menari, menghibur para pengunjung, terutama anak kecil. Berbagai musik Betawi, seperti Jali-Jali dan Ondel-Ondel pun menjadi pengiring sehingga menambah ketertarikan para pengunjung yang berada di kawasan Monas.

Bahkan, beberapa pengunjung yang ikut menari bersama sehingga suasana semakin meriah. Setelah pertunjukan selesai, ondel-ondel itu pun diistirahatkan. Beberapa pengunjung, tampak tak melewatkan kesempatan tersebut untuk berfoto dengan ondel-ondel, sementara beberapa anak lainnya tampak ketakutan.

"Bagus aja buat menarik pengunjung di Monas biar nggak bosen kembang api melulu," ujar Rizki (28) yang datang bersama kekasihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com