Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Akan Bangun Tanggul Raksasa

Kompas.com - 21/08/2012, 01:31 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir rob besar diprediksi akan melanda Jakarta pada tahun-tahun mendatang. Untuk mengantisipasinya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjelaskan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan membangun tanggul raksasa. Tanggul tersebut akan dibangun tahun ini.

"Kita ada di sebelah selatan dari tanggul yang dibuat khusus untuk proyek pengerukan anak sungai. Nah, pada bulan September nantinya akan dikerjakan," ujar Fauzi Bowo kepada wartawan di lokasi Pantai Timur Ancol, Jakarta Utara, Senin (20/8/2012).

Menurut Foke, proyek pembangunan tanggul tersebut akan didanai Bank Dunia dan menjadi pekerjaan rumah besar bagi Pemprov DKI Jakarta. "Pertama, kalau kita bisa menyelesaikan ini dengan tuntas maka tekanan banjir di Jakarta bisa berkurang hingga 30 persen, karena pembangunan ini secara menyeluruh dari hulu ke hilir sehingga nantinya hasilnya optimal," katanya.

Dikatakan Foke, yang menyebabkan Jakarta sulit keluar dari persoalan banjir adalah anak sungai dan saluran di Jakarta saat ini sudah berusia rata-rata 30 tahun dan tidak pernah diperbarui.

"Jadi karena sudah lama tidak dikeruk maka cenderung nantinya dapat menggenangi dan meluber ke mana-mana. Jadi kita akan keruk dan akan kita lebihkan kapasitasnya, maka akan kita amankan lagi. Kalau di Kanal Banjir Timur (KBT) sudah kita buat, nanti juga di Kali Sunter," terang Foke.

Dari perhitungan sementara, jumlah volume endapan yang akan dikeruk mendekati 5 juta kubik. "Nah, makanya dibutuhkan tanggul yang cukup luas. Sedangkan yang sudah terbangun itu ada yang 600 meter persegi dan 800 meter persegi. Tapi yang jelas ini akan menjadi tanah yang direklamasi menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol," ucap Foke.

Foke menambahkan, di luar Jakarta, tepatnya di Teluk Jakarta, saat ini air laut telah dan semakin tinggi. "Nah, diperkirakan pada tahun 2025 kalau ada rob besar, bisa berakibat tidak menguntungkan bagi pantai utara Jawa. Karena itu, sekarang kita sedang menyusun protect plan untuk mengamankan Jakarta," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com