Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Klaim Berhasil Tekan Urbanisasi ke Jakarta

Kompas.com - 21/08/2012, 13:30 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Lebaran, biasanya terjadi urbanisasi besar-besaran yang dilakukan masyarakat daerah menuju ke Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengklaim angka urbanisasi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir jumlahnya menurun.

"Jauh sebelumnya, kita sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah asal kaum migran ini. Saya merasakan bahwa kerja sama ini cukup efektif. Buktinya, angka migran seusai Lebaran, dari tahun 2007 ini angkanya turun terus," kata Fauzi Bowo.

Hal ini disampaikannya Foke ketika mengunjungi penghuni panti jompo Panti Tresna Werda I Jalan Bina Marga No-78 Cipayung Jakarta Timur, Selasa (21/8/2012) siang.

Menurut Foke, dirinya mendorong supaya pemerintah daerah setempat lebih banyak kegiatan aktivitas pembangunannya. Sehingga, orang tidak akan terpanggil mengadu nasib ke Jakarta

Foke berharap, agar melalui program pembangunan, orang lebih memilih membangun daerah asalnya ketimbang datang ke Jakarta.

"Jadi harapan saya, kalau bisa berhasil dikampungnya mengapa mesti ke Jakarta. Tetapi oportunitas tadi harus di-clear, dan harus disiapkan pemerintah daerah setempat. Saya kira Pemerintah Indonesia memang strategi pembangunannya tidak hanya bertumpu pada Jakarta," kata Foke.

Foke mengklaim, sejak tahun 2007 lalu, jumlah pendatang baru di Jakarta bisa ditekan dari yang awalnya mencapai 150 ribu jiwa, setiap tahunnya menurun. Sampai pada tahun kemarin yang hanya 50 ribu sampai 60 ribu jiwa saja.

"Kita ingin mereka bisa merasakan keberhasilan membangunan pemerintah secara merata," ujarnya.

Seperti diketahui, pada pekan ini akan ada arus balik mudik ke Jakarta. Biasanya, warga Jakarta membawa sanak-saudara ataupun kawan dari kampung halamannya untuk ikut mengadu nasib di Ibu Kota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com