Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kebakaran Pondok Bambu Mengungsi ke Pinggir Jalan

Kompas.com - 21/08/2012, 16:53 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran hebat yang melanda ratusan bangunan pembuatan mebel dan kontrakan di RT 01 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, membuat warga yang berada di sekitar lokasi, panik. Warga yang ketakutan api turut melalap rumahnya pun langsung mengemas barang berharga masing-masing.

"Iya, tadi saya tau pertama dari kakak, ya sudah langsung berkemas ambil barang. Yang paling penting surat-surat berharga sama baju deh," ujar Awah (25), warga RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Jakarta Timur saat ditemui Kompas.com di lokasi kejadian, Selasa (21/8/2012).

Hal senada juga diungkapkan oleh Abdul Baki (29). Pria yang rumahnya hanya berjarak sekitar 10 meter dari lokasi kebakaran itu mengetahui dari seorang tetangga saat ia tengah bekerja. Sontak, ia langsung pulang ke rumah dan menyelamatkan saudara yang telah lanjut usia.

"Barang-barang langsung dikeluarin, sebagian keluarga saya juga ada di sini, sudah dievakuasi semua," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, warga sekitar terpaksa mengungsi di pinggir Jalan Pahlawan Revolusi. Warga yang kebanyakan ibu-ibu tersebut menempati rumah para tetangga mereka yang berada jauh dari lokasi kejadian. Para ibu-ibu tersebut tampak duduk dengan berbagai barang-barang berharga sambil menunggu situasi terkendali.

Hingga pukul 15.16 WIB, api masih berkobar di beberapa titik. Meski tidak sebesar sebelumnya, puluhan petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar juga masih berjuang memadamkan api.

Penyebab kebakaran tersebut masih simpang siur. Kebanyakan warga mengatakan, api berasal dari arus pendek di sebuah rumah yang ditinggal mudik penghuninya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com