Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentetan Teror Solo hingga Jakarta Tak Terkait Pilkada DKI

Kompas.com - 06/09/2012, 06:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rentetan aksi teror terus berlanjut setelah ada insiden penembakan di mana aparat kepolisian menjadi korban di Solo, Jawa Tengah. Para terduga teroris kemudian beraksi di Jakarta, puncaknya adalah ledakan bom rakitan yang terjadi di Tambora, Jakarta Barat.

Banyak pihak melihat aksi-aksi tersebut ada hubungannya dengan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Perkiraan yang ingin memberikan kesan bahwa warga Solo selalu berulah di Jakarta dengan adanya ledakan di Tambora ternyata tidak terbukti.

Pengamat intelijen, Wawan Purwanto, melihat kejadian teror yang terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan Pilkada DKI Jakarta.

"Enggak ada hubungannya dengan Pilkada DKI, mereka sudah merencanakan lama. Bahwa akan ada ancaman memang terbukti. Hanya persoalannya, kadang peringatan dini belum menjadi alasan untuk melakukan gerakan apa pun, termasuk early warning dari aparat," kata Wawan kepada Tribunnews.com, Rabu (5/9/2012) malam.

Aksi para terduga teroris tersebut, kata Wawan, memang terlebih dahulu mencari celah yang terbuka atau momentum. Di antaranya, aparat yang sedang berkonsentrasi melakukan pengamanan Lebaran atau celah-celah lainnya, barulah mereka beraksi.

Sasarannya, lanjut Wawan, adalah aparat keamanan, terutama polisi. Sebab, para pelaku aksi teror memang memendam dendam lama kepada orang-orang yang berasal dari korps Bhayangkara tersebut karena dianggap sebagai pihak yang selalu menggagalkan operasi teror.

"Dari situ kita lihat bahwa ini masih merupakan ancaman, dendam kesumat. Mereka masih menyimpan dendam lama kepada polisi," jelas Wawan. (Willy Widianto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com