Kompas.com - 14/09/2012, 21:09 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam acara debat publik putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, Petahana Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa banjir di Jakarta telah berkurang sekitar 40 persen. Untuk itu pada periode selanjutnya, ia akan menyempurnakan infrastruktur pengendalian banjir yang ada di Jakarta.

"Untuk selanjutnya kami akan melakukan pengerukan kali yang akan melancarkan aliran air," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Hotel Gran Melia, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Pengerukan kali ini memang ditujukan untuk memperlebar leher kali agar aliran air yang menyempit kembali normal. Selanjutnya, akan dilakukan juga relokasi kawasan bantaran sungai sehingga pengerukan kali dapat berjalan efektif.

Selanjutnya, beberapa pembangunan infrastruktur yang akan dilanjutkan adalah menyelesaikan pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT). Kemudian akan terus melakukan perbaikan Pengendali Banjir Pompa Air dan Pintu Air. Kemudian juga membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) agar mencapai target 30 persen yang diharuskan di Jakarta. Mengingat dengan adanya RTH ini akan membantu air meresap saat terjadi hujan dengan intensitas besar di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.