Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Toko Material Cipayung Sudah Keempat Kali

Kompas.com - 16/09/2012, 13:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda sebuah toko material Mahkota Jaya di Jl. Setu Pagelaran, RT 04 RW 01, Cipayung, Jakarta Timur, ternyata bukan yang pertama kalinya. Setidaknya, pernah terjadi empat kali musibah serupa.

"Minggu kemarin sekali, sama minggu-minggu sebelumnya sudah empat kali kejadian begini. Tapi, kemarin api kecil, langsung dipadamin," ujar Mamat (53), salah seorang warga di sekitar lokasi kejadian, Minggu (16/9/2012) siang.

Menurut Mamat, peristiwa kebakaran yang sebelumnya, api tidak jelas berasal dari mana. Tiba-tiba saja, api telah merembet kayu kaso yang menumpuk di depan material atau pun di ruangan dalam. Beruntung, beberapa pegawai toko selalu menyadari akan keberadaan api.

Kepala Kepolisian Sektor Cipayung, Komisaris (pol) UA Triyanto mengungkapkan, musibah kebakaran yang menimpa toko material atas nama Joki tersebut, diduga disebabkan hubungan arus pendek. Korsleting tersebut terjadi di sebuah ruangan dapur di belakang bangunan.

"Diduga korsleting, lalu apinya merembet ke kayu-kayu. Tadi satuan Identifikasi dari Polres Jakarta Timur sudah mengambil bukti kabel yang menyebabkan kebakaran. Tapi, ini memang butuh kepastian lagi dari Puslabfor," ujarnya.

Sementara, Joni, sang pemilik tampak pasrah melihat ratusan kayu potong miliknya hangus terbakar. Ia hanya bisa melihat petugas Damkar dan pegawai beserta warga memadamkan api kecil di bawah tumpukan kayu.

"Enggak tahu ya, saya enggak bisa ngomong apa-apa lagi," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.45 WIB. Tiga unit mobil DPK diterjunkan untuk memadamkan api, sementara puluhan lainnya tampak bersiaga. Kini, petugas masih melakukan pendinginan sambil membongkar tumpukan kayu kaso agar tidak kembali menimbulkan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com