Kompas.com - 17/09/2012, 16:51 WIB
Penulis Adri Prima
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Penumpang Kereta menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2012). Aksi ini terkait atas penolakan kenaikan tarif Kereta Api Listrik (KRL) AC se-Jabodetabek yang akan diberlakukan per 1 Oktober 2012.

"Kami menolak kenaikan tarif ini. Jika tarif KRL tetap dinaikkan, maka KRL akan kehilangan penumpang. Orang-orang akan lebih banyak naik motor," kata Sekjen Asosiasi Penumpang Kereta Api Anthony Ladjar saat di temui di depan Kantor Kemenhub, Senin.

Tarif KRL AC tersebut rencananya akan mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000. Anthony mengatakan, harga tiket KRL AC jurusan Tangerang-Jakarta saat ini Rp 5.500 dan akan naik menjadi Rp 7.500. Untuk Bogor-Jakarta, harga tiket sekarang Rp 7.000 dan bakal naik menjadi Rp 9.000.

Anthony menganggap kebijakan kenaikan tarif ini tidak adil. Mereka juga beranggapan bahwa para penumpang KRL sangat layak untuk dibela jika pemerintah ingin membersihkan lingkungan dari polusi ataupun subsidi bahan bakar minyak (BBM). "Kami tidak makan BBM subsidi, kami tidak bikin macet, kami tidak memberi polusi, kami lebih sehat karena sering jalan kaki, dan kami para penumpang juga selalu bayar tiket kok," kata Anthony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.