Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanduk Foke di Jakut Diduga Ribuan

Kompas.com - 17/09/2012, 17:12 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di kawasan Jakarta Utara, masih banyak terpasang spanduk menampilkan wajah Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Fauzi Bowo atau Foke. Padahal, hari ini merupakan masa tenang yang melarang adanya aktivitas kampanye, termasuk melalui spanduk.

Pantauan Kompas.com, terlihat masih terpasang spanduk Foke yang bertuliskan "Terima Kasih Pak Gubernur!", Kami Percaya, Kami Dukung, Teruskan!. Spanduk tersebut bisa dilihat setidaknya di daerah Pasar Uler (Plumpang), Jalan Enggano, Jalan Yos Sudarso, dan Rawa Badak Utara dan Selatan.

Anggota Divisi Pengawasan Panwaslu Jakarta Utara Arif Budianto mengatakan akan menurunkan spanduk-spanduk tersebut, mengingat masa kampaye telah berakhir. Mulai Senin (17/9/2012) ini, hingga sehari sebelum pemungutan suara, masih masuk masa tenang.

Diperkirakan, spanduk bergambar Foke yang terpasang di Jakarta Utara mencapai ribuan. Penyisiran spanduk pada (17/9/20012) dini hari tadi, mulai pukul 00.30 WIB - 02.30 WIB telah digelar di wilayah Kecamatan Cilincing dengan berhasil menurunkan sebanyak 52 spanduk dan 17 jenis banner dengan model, design dan teks yang sama mengenai Foke. Ukuran spanduk dengan panjang sekitar 4 Meter dan Tingi sekitar 1/2 Meter.

"Kami melakukan penurunan spanduk yang kami nilai bernuansa kampanye atau terindikasi mengarahkan warga untuk memilih kandidat gubernur tertentu. Mengenai spanduk hanya terlihat kandidat nomor satu (Foke) saja. Apabila ditelusuri keseluruhan diperkirakan spanduk bisa mencapai ribuan," kata Arif Budianto di kantor Panwaslu Jakarta Utara, Jalan Danau Agung III No5, Sunter, Jakarta Utara, Senin (17/9/2012).

Sekadar informasi, di wilayah Jakarta Utara terdapat enam kecamatan, yaitu Kecamatan Cilincing, Kecamatan Penjaringan, Kecamatan Koja, Kecamatan Kelapa Gading, Kecamatan Pademangan dan Kecamatan Tanjung Priok. Sementara ini, baru dua kecamatan Cilincing dan Penjaringan yang baru dilakukan penyisiran spanduk. Penyisiran di Penjaringan hanya tinggal menerima laporan. Sementara empat kecamatan lainnya, baru siang ini dilakukan.

"Mengenai penindakan, kami agak kesulitan apabila spanduk-spanduk itu dipasang oleh simpatisan kandidat atau calon. Sementara, kalau diketahui dipasang oleh pihak yang terdaftar sebagai timses kemungkinan besar bisa ditindak. Tetapi apabila pelaku pemasangan spanduk diketahui akan kita beri peringatan keras.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com