Kompas.com - 20/09/2012, 13:31 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Malik Kamil berharap agar partisipasi warga pada putaran kedua pemilihan kepala daerah DKI Jakarta lebih besar dibanding dengan golongan yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput.

"Soal partisipasi ini sebenarnya bukan tergantung pada penyelenggara, tetapi dari kejelian para calon yang membuat warga bergerak ingin memilih mereka," kata Husni seusai meninjau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta, Kamis (20/9/2012) pagi.

Salah satu TPS yang dikunjungi itu adalah di TPS 008 dan 009 di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Husni menilai pelaksanaan pencoblosan di kedua tempat tersebut aman dan terkendali karena mampu menekan sekitar 30 persen pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya.

"Sejak dua hari yang lalu kita sudah melakukan monitoring terhadap persiapan TPS-TPS. TPS 008/009 (Palmerah) ini sudah tertata dan berpengalaman. Soal teknis tidak ada problem. Yang paling penting mereka harus bekerja sesuai aturan. Paling penting, aspirasi masyarakat harus diamankan sampai proses akhir," sarannya kepada para penyelenggara.

Sebelumnya, para anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar inspeksi mendadak ke beberapa TPS di enam wilayah di Jakarta. Hadir sekitar pukul 08.50 WIB, Ketua DPD RI Irman Gusman didampingi anggotanya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Malik Kamil, dan Sekjen DPD RI beserta Sekretaris Badan Pengawas Pemilu meninjau pelaksanaan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta di TPS 008 kemudian ke TPS 009. saat itu tengah berlangsung pencoblosan dengan jumlah pencoblos mencapai 20 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.