Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grafik: Rincian Hitung Cepat Litbang Kompas

Kompas.com - 20/09/2012, 16:23 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemungutan suara putaran kedua Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 usai sudah. Berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama unggul dari duet Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Dalam proses hitung cepat ini, Litbang Kompas mengambil 200 tempat pemungutan suara (TPS) sebagai sampel di enam wilayah Jakarta dengan sampling error sebesar 0,5 persen. Dari pengambilan data pada sampel-sampel tersebut, pasangan Jokowi-Basuki memperoleh 53,26 persen dari suara sah dan pasangan Foke-Nara mengantongi 46,74 persen.

Hasil hitung cepat ini juga menunjukkan bahwa Jokowi-Basuki unggul di hampir semua wilayah Ibu Kota. Namun, tak seperti pada putaran pertama, Juli lalu, hitung cepat Kompas memperlihatkan bahwa kali ini pasangan nomor urut tiga tersebut kalah di Jakarta Pusat.

Berikut grafik persentase perolehan suara dari hasil hitung cepat Litbang Kompas di lima wilayah DKI Jakarta pada putaran kedua, Kamis (20/9/2012).

 

Adapun perolehan suara kedua kandidat pada putaran pertama, Juli lalu, dapat dilihat dalam grafik persentase perolehan suara di bawah ini. Angka persentase ini dihitung melalui perbandingan suara kandidat per wilayah dengan jumlah suara sah di seluruh wilayah Jakarta.

 

Hasil hitung cepat Litbang Kompas dan berita-berita lain terkait Pilkada DKI Jakarta dapat dilihat di Liputan Khusus Jakarta1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com