Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Basuki Siap Hadapi Modernitas dan Kompleksitas Jakarta

Kompas.com - 20/09/2012, 18:58 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesibukan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meningkat drastis sejak ia didafkarkan bersama calon gubernur pasangannya, Joko Widodo. Meski demikian, kesibukan tersebut tidak mengganggu kehidupan keluarganya berkat dukungan sang istri, Veronica (37).

Kepada wartawan di kediaman keluarga Basuki di Pluit, Jakarta Utara , Kamis (20/9/2012), Veronica mengatakan kesibukan yang harus dijalani suaminya saat ini bukan hal baru. "Dulu begitu juga waktu di Belitung," ujar Veronica. Basuki dulu pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur.

Kesibukan politik pemilihan kepala daerah memang bukan hal baru bagi Basuki dan keluarganya. Sebelumnya, ia pernah disibukkan oleh kampanye untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur dan DPR RI untuk level legislatif. Adapun untuk level eksekutif, Basuki pun telah terlibat dalam pertarungan untuk menjadi Bupati Belitung Timur dan Gubernur Bangka Belitung.

Karena mengikuti aktivitas Basuki yang begitu intens dalam 10 tahun terakhir, Veronica pun sudah terbiasa dan memahami pasangannya. "Memang sedikit repot juga, tapi kami sudah terbiasa karena sudah pernah mengalami sebelumnya," kata perempuan kelahiran Medan, Sumatera Utara.

Hal yang sama ia katakan tentang kesiapannya untuk menjadi rutinitas dan birokrasi khas pejabat pemerintah. Ia menyatakan tidak akan terbebani pola baru kehidupan yang harus dijalaninya jika suaminya memenangi kontestasi Pilkada DKI. Selain karena telah terbiasa hidup teratur, ia dan suaminya sudah pernah menjalani kehidupan sebagai petinggi pemerintahan di Belitung.

"Bedanya cuma (di Jakarta) masyarakatnya lebih banyak, lebih modern, lebih terpelajar, begitu juga kotanya. Kalau soal rutinitas lain, misalnya kegiatan Dharma Wanita, itu bukan hal baru," kata ibu tiga orang anak itu.

Keramaian di rumah Basuki hari ini tak sempat dirasakan ketiga putra/putri Basuki-Veronica. Nicholas, Nathania, dan Daud Albeenner sudah berangkat ke sekolah sejak pagi hari sebelum tim pemenangan dan awak media memenuhi rumah kediaman mereka. "Anak-anak kami sudah ke sekolah. Kebetulan sekolah mereka masuk wilayah Tangerang, jadi enggak libur hari ini," kata Veronica.

Ia menambahkan, sebagai seorang istri, ia tetap mendukung langkah suaminya dalam meniti karier politik. Meski diawali dengan segala keterbatasan dan serba kekurangan pada awal pernikahan, sebagaimana diakui pula oleh Basuki, saat ini kehidupan keluarga mereka sudah lebih memuaskan. Ditanya soal awal pertemuan dengan Basuki, Veronica yang terpaut 10 tahun dari suaminya hanya tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com