Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Renoir yang Hilang Urung Dilelang

Kompas.com - 28/09/2012, 16:33 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Anda masih ingat mahakarya lukisan karya Pierre-Auguste Renoir yang dibeli seorang perempuan di sebuah pasar loak di Virginia, AS dengan harga 7 dolar AS atau hanya Rp 66.000?

Nah, lukisan berjudul "Paysage Bords de Seine" tadinya akan dilelang pada Kamis (27/9/2012) waktu setempat. Namun, lelang itu akhirnya ditunda setelah muncul kabar lukisan itu dicuri dari Museum Seni Baltimore beberapa dekade lalu.

"Lelang barang lain tetap berlangsung, namun untuk lukisan Renoir dibatalkan," kata juru bicara Balai Lelang Potomack Co Lucie Holland.

Museum Seni Baltimore memberi kabar ke Balai Lelang Potomack, Rabu (26/9) bahwa dari data yang dimiliki museum itu lukisan Renoir itu dicuri saat dipinjamkan ke museum itu pada 1951.

Menerima kabar ini Potomack melaporkan hal itu kepada FBI yang langsung melakukan penyelidikan.

Museum Baltimore menerima lukisan Renoir itu dari salah satu penyumbang terbesarnya kolektor benda seni Saidie May. Keluarga May membeli lukisan itu dari galeri Bernheim-Jeune di Paris pada 1926.

Harian The Washington Post menemukan catatan bahwa May meminjamkan lukisan itu dan benda seni lainnya ke Museum Baltimore pada 1937.

Setelah Washington Post menemukan catatan itu, pihak museum kemudian memeriksa dokumen-dokumennya dan menemukan catatan lain yang menunjukkan lukisan itu dicuri pada 17 November 1951. Hingga kini pencurinya tidak diketahui.

Saidie May meninggal pada Mei 1951 dan semua koleksinya dihibahkan ke museum itu. Dan ketika transfer hak milik masih diproses, lukisan itu hilang dalam status pinjaman.

Potomack mengatakan lukisan ini tidak muncul dalam daftar London's Art Loss Register, sebuah bank data semua benda seni yang hilang atau dicuri.

Balai lelang ini juga sempat berkonsultasi dengan FBI untuk memastikan bahwa lukisan itu bukan barang curian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com