Kompas.com - 01/10/2012, 09:20 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sepasang senjata milik penjahat AS Bonnie Parker dan Clyde Barrow yang tewas dalam pengejaran polisi pada 1934 lalu laku dilelang dengan harga lebih dari 500.000 dollar AS atau hampir Rp 5 miliar.

Kedua senjata itu dilelang di RR Auction dengan tema pernik-pernik gangster, kriminal, dan penegak hukum Amerika yang digelar di New Hampshire.

Bonnie Parker dan Clyde Barrow melakukan serangkaian perampokan bank sebelum polisi berhasil membekuk mereka di Lousiana pada 23 Mei 1934.

Benda-benda ini diambil di mobil pasangan penjahat itu tewas. Selain kedua senjata ini, wadah kosmetik milik Bonnie dan sebuah album foto ada di antara barang-barang yang dilelang.

Revolver jenis Colt Detective milik Bonnie menjadi barang paling mahal dan terjual 264.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 miilar.

Sedangkan pistol Army Colt 1911 kalibar 45 milik Clyde laku terjual dengan harga Rp 2,3 miliar.

Barang lain yang terjual cukup mahal adalah jam saku milik Clyde dengan harga 36.000 dollar AS.

Ahli sejarah ER Milner mengatakan, dengan masih lakunya barang-barang memorabilia keduanya, terbukti pasangan penjahat ini masih menjadi sosok yang populer di AS.

"Kematian keduanya hampir mirip tragedi karya Shakespeare di jalanan berdebu Lousiana," kata Milner beranalogi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X