Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Dijahili Orang, KA Berhenti Mendadak di Kampung Bandan

Kompas.com - 01/10/2012, 11:42 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu rangkaian kereta commuter line berhenti mendadak sekitar 800 meter sebelum mencapai Stasiun Kampung Bandan, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Senin (1/10/2012) pagi ini. Berhentinya kereta secara mendadak tersebut diduga akibat aksi orang jahil yang menekan tuas rem di ruang kabin masinis.

Perwakilan Humas Daops I PT Kereta Api Indonesia, Mateta Rizalulhaq, membenarkan adanya peristiwa itu. "Iya, benar, tadi pagi ada perilaku orang yang tidak bisa kami tebak sampai akhirnya kereta berhenti," kata Mateta, Senin siang, saat dijumpai di Stasiun Manggarai.

Dia mengatakan, masinis sadar kereta "dijahili" orang ketika alat penghitung tekanan udara di kabin masinis tiba-tiba turun drastis menunjukkan adanya pengereman mendadak. "Padahal, itu bukan masinis yang rem. Tidak mungkin masinis karena tentu berbahaya dia main rem saja," tutur Mateta.

Mateta menduga sakelar yang mengatur kendali rem digerakkan dari bagian tengah rangkaian kereta dan kabin masinis bagian belakang oleh orang yang menyusup masuk. Padahal, lokasi penempatan sakelar rem sudah digembok dan sudah ada petugas keamanan yang patroli secara hilir mudik.

"Saat diperiksa masinis, ternyata sakelarnya turun, tidak tahu siapa yang menurunkan," ujarnya.

Mateta mengaku belum bisa menduga bahwa peristiwa ini adalah aksi sabotase. Kendati demikian, kereta yang tadinya berhenti akhirnya melanjutkan perjalanan sampai ke Stasiun Kampung Bandan. Seluruh penumpang dipindahkan ke kereta bantuan, sedangkan kereta masih diperiksa di Stasiun Kota.

Berita terkait dapat diikuti di topik: COMMUNTER LINE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com