Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, KA Perempuan Bekasi-Kota Beroperasi

Kompas.com - 01/10/2012, 17:58 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Delapan rangkaian kereta khusus perempuan mulai beroperasi hari ini, Senin (1/10/2012) pagi. Ke depan, PT Kereta Api Indonesia masih akan menambah jumlah rangkaian kereta khusus perempuan di rute lain, seperti Bekasi-Kota.

Hal ini diungkapkan perwakilan Humas Daops I PT KAI Mateta Rizalulhaq, Senin, saat dijumpai di Stasiun Manggarai, Jakarta. "Akhir bulan November, kami akan menambah satu rangkaian kereta perempuan Bekasi-Kota," ujar Mateta.

Mateta mengatakan bahwa nanti akan ada satu rangkaian kereta khusus wanita dengan delapan gerbong yang akan melayani rute tersebut. Penyediaan kereta khusus wanita ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

Sejak 19 Agustus 2010 lalu, PT KAI sudah meresmikan gerbong khusus wanita yang ada di bagian paling depan dan belakang rangkaian kereta. Mulai hari ini, pelayanan bagi penumpang perempuan pun ditingkatkan dengan adanya delapan rangkaian kereta khusus kaum hawa di rute Jakarta Kota-Bogor dan Jatinegara-Bogor.

Mateta memastikan, pengadaan kereta khusus perempuan tidak akan memengaruhi jadwal keberangkatan kereta-kereta di belakangnya. Kereta khusus perempuan, sebut Mateta, ditempatkan di antara jadwal-jadwal yang sudah ada.

"Kami pakai sistem persinyalan blok. Jadi, dari rentang satu blok dengan blok lainnya paling tidak maksimal ada empat rangkaian kereta yang berjalan. Sementara itu saat ini baru ada 1-2 rangkaian kereta sehingga kereta perempuan tidak mengganggu jadwal yang ada," kata Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com