Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bule Ikut Demo Buruh di Bali

Kompas.com - 03/10/2012, 14:16 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Petra, seorang wanita kelahiran Jerman yang sudah menjadi WNI ikut berunjuk rasa bersama ratusan karyawan PT Dreamland Indonesia yang menuntut gaji dan pesangon setelah perusahaan tersebut dipailitkan.

Petra bersama sekitar 130 karyawan mendatangi perusahaan aksesoris perak tersebut di Jalan Batu Belig, Kerobokan, Kabupaten Badung, Rabu (3/10/2012). Petra tak sekadar memeriahkan unjuk rasa tersebut, namun ia yang bekerja di bagian produksi juga menjadi bagian karyawan yang terkena PHK.

"Saya sampai sekarang juga belum mendapatkan gaji selama hampir empat bulan dan juga uang pesangon, padahal saya sudah bekerja selama dua tahun di sini," ujar Petra di antara kerumunan para pendemo.

Ratusan karyawan juga bernasib seperti Petra, setelah diberhentikan perusahaan pada bulan Juni 2012. Saat itu pihak manajemen berjanji akan membayar gaji dan pesangon sebelum Idul Fitri lalu, namun sampai saat ini janji itu belum terealisasi dengan alasan aset perusahaan belum terjual.

"Manajemen tidak mau menjual aset secara terpisah-pisah. Mengenai alasan pailit, sampai sekarang belum ada penjelasan. Gaji yang belum kami terima rata-rata sekitar dua bulan dengan jumlah pesangon berbeda-beda sesuai masa kerja," ujar Siti Fatimah, salah seorang karyawan PT Dreamland Indonesia, di sela-sela unjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com