Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APTB Ciputat-Kota Diluncurkan

Kompas.com - 04/10/2012, 09:46 WIB

Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini secara resmi meluncurkan rute Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)  terbaru yakni jurusan Ciputat, Tangerang Selatan menuju Terminal Kota, Jakarta.

Pengoperasian APTB jurusan Ciputat-Kota ini melengkapi rute APTB yang sudah beroperasi saat ini yakni APTB jurusan Bekasi-Pulogadung dan APTB jurusan Tangerang-Kalideres.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan, pengoperasian angkutan perbatasan yang terintegrasi dengan Transjakarta Busway selain bertujuan meningkatkan aksesibilitas antara Jakarta dan kota penyangga sekitarnya, juga untuk membangun kepedulian publik agar menggunakan angkutan umum massal.

Dikatakan, pada tahun 2012 ini, Dinas Perhubungan Prov. DKI Jakarta merencanakan untuk menerapkan sistem Direct Service pada pengoperasian APTB dimana rute-rute APTB diberikan privilege masuk ke lajur busway TransJakarta.

Dengan sistem demikian, tutur Pristono, diharapkan dapat mengakomodir para komuter untuk menggunakan APTB dan tidak menggunakan kendaraan pribadinya atau menitipkan kendaraannya di areal park & ride, sehingga volume kendaraan yang menuju ke Jakarta semakin berkurang. 

“Implementasi sistim Ini adalah salah satu upaya sistemik untuk mengurai dan menekan tingkat kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta,” ujar Pristono.

Adapun rute yang akan dilalui APTB jurusan Ciputat-Kota mulai 4-5 Oktober 2012 adalah Terminal Kota – Jl. Lada – St. Kota – Jembatan Batu – Manggadua Raya – Berputar – Manggadua Raya – Hayam Wuruk – Ir H. Juanda – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Mh. Thamrin – Jl. Sudirman – Sisingamangaraja – Jl. Panglima Polim – Jl. Radio Dalam – Jl. Metro Pondok Indah – Lebak Bulus – Pasar Jumat – Ciputat

Untuk melayani masyarakat, total armada bus yang disiapkan untuk APTB Ciputat-Kota ini adalah 15 bus, dimana selur/uhnya merupakan peremajaan armada trayek AC-45. Spesifikasi bus yang akan digunakan secara umum sama dengan spesifikasi bus yang dipakai oleh Transjakarta Busway, yaitu bus besar kapasitas 85 penumpang (35 duduk, 50 berdiri), high deck, dan posisi tempat duduk berhadapan.

Sistem ticketing yang akan diterapkan untuk angkutan perbatasan ini adalah sistem tiket terusan yang harus dibayarkan oleh pengguna angkutan perbatasan ini sebesar Rp 9.500 / penumpang, dimana besaran ini sudah termasuk tarif busway normal sebesar Rp 3.500 / penumpang dan tarif angkutan perbatasan sebesar Rp. 6.000 / penumpang.

APTB Ciputat-Kota akan mulai beroperasi setiap hari selama 17 jam mulai pukul 05.00-22.00.  Direncanakan, rute Ciputat-Kota sepanjang 30 kilometer bisa ditempuh selama 60-90 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com