Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappeda Siapkan Usulan Bantu Jokowi Susun RPJMD

Kompas.com - 10/10/2012, 16:35 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta siap memberi masukan kepada Gubernur DKI terpilih, Joko Widodo, untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017. Usulan tersebut untuk mempercepat selesainya penyusunan RPJMD dan akan disesuaikan dengan visi, misi dan program kerja Gubernur baru, serta program pembangunan yang telah, sedang dan akan dilakukan di Provinsi DKI Jakarta.

"Kita tunggu saja pelantikan gubernurnya berjalan. Setelah itu kami siap membantu Gubernur untuk menyusun RPJMD. Karena kami sudah menyiapkan usulan program-program pembangunan apa saja yang diperlukan bagi Kota Jakarta," kata wanita yang akrab disapa Yani, Rabu (10/10/2012) siang, di Jakarta.

Dia memaparkan, usulan yang sudah disiapkan Bappeda berlandaskan pada rangkuman kumpulan program pembangunan yang sedang dan akan berjalan di Ibu Kota ini. Bahan tersebut sudah disiapkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akan diserahkan kepada Gubernur selanjutnya.

"Jadi, nantinya Gubernur baru akan melihat rangkuman kumpulan program pembangunan ini sebagai masukan atau usulan untuk menetapkan RPJMD DKI 2013-2017," ujarnya.

Akan tetapi, kata Yani, usulan tersebut hanya bersifat masukan saja yang dapat menjadi landasan bagi penetapan program-program pembangunan oleh Gubernur terpilih. Sifatnya bukan suatu paksaan pada pemerintah yang baru untuk wajib mengikuti seluruh progam pembangunan yang dimasukkan dalam rangkuman tersebut. Skala prioritasnya menjadi wewenang Gubernur DKI yang baru.

"Beliau (Jokowi) pastinya punya penekanan sendiri mana program pembangunan yang diprioritaskan. Bahan rangkuman pembangunan yang sedang dan akan berjalan di Jakarta hanya sebagai masukan saja. Kami mengharapkan RPJMD dapat semakin meningkatkan Jakarta yang sudah terbangun, dan diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan yang sedang berjalan,"ujarnya.

Adapun usulan Bappeda mengenai program pembangunan yang dapat dilaksanakan di DKI Jakarta selama lima tahun ke depan terdiri dari delapan program pembangunan. Yakni transportasi, pengelolaan air terpadu, logistik terkait ketahanan pangan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sosial budaya terkait kesehatan, pendidikan dan olahraga, lingkungan, kesinambungan Jakarta dan Metropolitan Priority Area (MPA), pemerintahan serta dana dekonsentrasi.

"Dalam bahan yang akan kami sampaikan ke Gubernur baru, ada delapan program pembangunan yang sudah dilaksanakan selama lima tahun kepemimpinan Fauzi Bowo, serta kelanjutan pembangunan yang belum terselesaikan saat Fauzi Bowo serta usulan program apa yang berkesinambungan dapat dilaksanakan untuk lima tahun kedepan," katanya.

Berita terkait dapat diikuti di topik : Pilkada.kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com