Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyum Jokowi Melihat Bentangan Karpet Merah

Kompas.com - 14/10/2012, 12:08 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama mengikuti acara latihan pelantikan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Minggu (14/10/2012). Jokowi tersenyum ketika melihat karpet merah membetang dari pintu utama menuju ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Sebelum memasuki ruang rapat itu, tempat akan berlangsungnya pelantikan, pasangan Jokowi-Ahok sempat memantau beberapa persiapan di luar gedung dewan perwakilan rakyat tersebut. Pantauan Kompas.com, ratusan aparat keamanan gabungan Polri dan Satpol PP sejak pukul 09.00 WIB telah berjaga-jaga untuk mengawal jalannya acara ini.

Sementara itu, berbagai persiapan lainnya di luar ruangan sementara dikerjakan, termasuk perbaikan beberapa taman di sekitar Kantor DPRD DKI Jakarta. Tujuh karangan bunga yang bertuliskan ucapan selamat atas dilantiknya pasangan Jokowi-Basuki juga dipajang sebelum tangga menuju pintu masuk kantor DPRD.

Acara gladi bersih yang memakan waktu sekitar satu jam ini juga berjalan lancar tanpa banyaknya pengulangan. Mengenai jalannya acara hari ini, Jokowi merasa cukup puas, ia pun mengaku terbiasa dengan seremonial seperti ini.

"Saya kan pernah dilantik jadi wali kota, jadi acaranya kurang lebih sama, kalau detail masalah pelantikan tanya ke sekwan dan sekda, mereka yang ngadain," terang Jokowi sebelum acara dimulai.

Perasaan yang sama dialami calon wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Ia juga tidak asing dengan seremonial seperti ini sebab dia sudah tiga kali menjabat sebagai pejabat negara.

"Saya sudah menjabat tiga jabatan negara, saya pikir-pikir seperti kata teman saya bukan alhamdulilah tapi astafirulah," jelas pria yang akrab dengan sapaan Ahok ini.

Ia juga sekali lagi berterimakasih atas kepercayaan masyarakat Jakarta yang diberikan kepadanya.

"Ketika orang menaruh kepercayaan yang besar pada saya, ini suatu tanggung jawab yang besar, kami sangat antusias untuk memenuhi harapan warga Jakarta" ujar Ahok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com