Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Jokowi Digeruduk Ratusan Buruh

Kompas.com - 16/10/2012, 15:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Persatuan Gerakan Serikat Pekerja (Progedip) mendatangi gedung Balai Kota DKI Jakarta. Kedatangan mereka dimaksudkan untuk mendesak pasangan gubernur DKI Jakarta yang baru, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi buruh dengan cepat, tanpa mengorbankan para buruh.

"Nasib buruh di Jakarta serupa dengan nasib buruh di daerah lainnya karena pemerintah di tingkat pusat dan daerah lebih memihak pada kaum pemodal," kata Ketua Umum Federasi Progesip Habib Maulana saat ditemui Kompas.com di lokasi aksi, Selasa (16/10/2012).

Saat ini, kata dia, perlakuan Pemerintah DKI yang lebih memihak pada pemodal tercermin dari beberapa hal. Yakni buruh yang kerap dijadikan korban tanpa pernah mendapatkan perlindungan.

Pemerintah DKI juga dinilainya tak pernah melahirkan solusi mendasar yang berpijak pada kepentingan buruh secara menyeluruh. Termasuk di dalamnya kepentingan perlindungan pada kehidupan buruh.

"Gubernur DKI silih berganti, tapi kepentingan buruh tak pernah diutamakan selama gubernurnya masih berasal dari akar yang sama, yang berdiri di atas tatanan politik ekonomi yang anti buruh," tandasnya.

Sekompi petugas kepolisian dari Polsek Gambir, Jakarta Pusat, mengamankan aksi ini. Tujuh perwakilan buruh juga tengah melakukan mediasi di dalam gedung Balai Kota yang kabarnya langsung diterima oleh Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di Topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com