Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Warga DKI Akan Terima Daging Kurban

Kompas.com - 26/10/2012, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 warga kurang mampu akan menerima daging kurban dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah, Jumat (26/10/2012).

"Ada 21 sapi dan 53 kambing yang disembelih untuk dibagikan kepada warga kurang mampu," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Binroh Pegawai BKD Provinsi DKI Jakarta Muhammad Hafiz.

Ia mengatakan, puluhan hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari Gubernur bersama para pegawai di lingkungan Pemprov DKI. Sebagian besar hewan akan dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Dharmajaya.

Beberapa hewan diserahkan dalam kondisi hidup yang disumbangkan ke sejumlah panti sosial. "Warga kurang mampu akan mendapat daging kurban seberat 1,5 -2 kilogram," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian (DKP) DKI Jakarta Ipih Ruyani menjamin, hewan kurban yang disembelih dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk dipotong.

"Kami telah berkoordinasi dengan daerah pemasok hewan kurban agar mendatangkan ternaik disertai Surat Kesehatan Hewan," jelasnya.

Ipih mengungkapkan, pihaknya juga mengerahkan sebanyak 750 tenaga pemeriksa hewan yang terdiri dari sebanyak 300 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB, 50 orang dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, 10 orang dari Kementerian Pertanian, 116 orang petugas DKP DKI dan 274 orang dari suku dinas DKP.

"Mereka bertugas memeriksa kesehatan hewan di sejumlah tempat penampungan yang tersebar di seluruh wilayah mulai dari H-7 hingga hari tasrik," ungkapnya.

Ia menambahkan, ratusan petugas telah melakukan pemeriksaan di 1.335 tempat penampungan hewan yang tersebar di enam wilayah Jakarta.
"Tidak ada satu pun ditemukan hewan yang mengidap penyakit berbahaya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com