Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Daging Kurban di Istiqlal, Warga Antre Ratusan Meter

Kompas.com - 27/10/2012, 06:39 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Antrean panjang mewarnai pembagian daging kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (27/10/2012). Warga sudah mulai berdatangan sejak subuh tadi meskipum Badan pelaksana dan pengelola masjid Istiqlal (BPPMI) belum memulai pembagian daging kurban. Pembagian daging kurban dimulai pukul 06.00.

Pagi ini antrean telah mengular sepanjang kurang lebih 400 meter di halaman Masjid Istiqlal. Karena tak sabar, warga sempat saling dorong, padahal panitia telah menambah satu tenda lagi, sehingga tersedia tiga tenda pembagian kupon untuk membantu mempercepat pembagian kupon. Berkali-kali terdengar imbauan dari panitia, khususnya ditujukan kepada ibu-ibu, untuk mengantre dengan tertib.

Polisi yang menjaga ketertiban proses pembagian daging kurban ini kelihatan kewalahan mengatur aksi saling dorong warga. "Takut enggak kebagian, Mas," ungkap Arif yang mengaku sejak kemarin telah datang ke Masjid Istiqlal. Ia berada pada antean sekitar 10 meter dari tenda pembagian kupon, namun tetap tidak sabar mendapatkan jatahnya.

Tak semua kuat berjuang dalam antrean. Lukman (77), seorang kakek ini yang ikut dalam impitan antrean, akhirnya menyerah. Ia memilih keluar antrean dan pergi meninggalkan Masjid Istiqlal tanpa mendapatkan daging kurban.

"Ah pulang aja, orang-orangnya reseh, didorong mulu dari belakang," cetus Lukman dengan mimik kecewa.

Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Subandi, Jumat (26/10/2012), mengatakan, panitia menyiapkan 5.000 kupon. Untuk menghindari kecurangan, pembagian daging dilakukan seperti pemilu. Mereka yang telah mendapat daging diminta untuk mencelupkan jarinya ke tinta.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com