Kompas.com - 28/10/2012, 12:43 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) membuka Gelaran Kirab Budaya Rakyat Jakarta 2012 dengan menekan tombol sirene. Serentak harmonisasi marching band dari Dunia Fantasi (Dufan) membahana di depan Gedung Balai Kota (Balkot), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2012).

Acara yang diadakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ini disaksikan oleh ribuan pasang mata. Mereka tersebar di sekitar long march para peserta dari depan Gedung Balkot hingga sekitaran Monumen Nasional (Monas).

Di tengah-tengah acara, Jokowi pun turut dalam tumpah ruah warga ibukota. Ia ikut berjalan kaki dari balai kota bersama rombongan para peserta kirab menuju panggung utama di Monas.

Pada kegiatan ini tercatat ada 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan beberapa daerah lain seperti Surakarta, Pekalongan, Magelang, dan Kalimantan Tengah. Sementara Jalan Medan Merdeka Selatan dari arah Tugu Tani menuju Sarinah ditutup karena seluruh badan jalan digunakan sebagai panggung jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.