Kompas.com - 28/10/2012, 12:52 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2015, Joko Widodo tak henti-hentinya melakukan inspeksi ke lapangan alias 'blusukan'. Banyak tempat sudah ia kunjungi, mulai dari pemukiman kumuh dan padat penduduk, kantor-kantor pelayanan masyarakat, taman kota, dan tempat lain yang menjadi kantong-kantong kemacetan, serta lokasi banjir.

Saat ditanyai mengenai alasannya melakukan kunjungan setiap hari, Jokowi hanya menjelaskan secara sederhana. Diakuinya, semua ia lakukan guna melihat permasalahan secara langsung dan sebagai upaya untuk memberi tambahan semangat bagi jajaran di bawahnya. 

"Yang jelas untuk menguasai masalah dan memberikan spirit pada semua untuk menyelesaikan masalah. Termasuk pada camat dan lurah," jawab Jokowi di Gedung Balai Kota Jakarta, Minggu (28/10/2012).

Selain itu, kata Jokowi, meninjau lokasi secara langsung juga dilakukan untuk mencegah pejabat-pejabat di bawahnya yang memberikan laporan tidak sesuai fakta. Di bawah kepemimpinannya, semuanya harus bekerja secara bersama dengan menyentuh langsung titik permasalahan. "Kalau saya nggak turun nanti laporannya baik-baik saja, padahal situasi di lapangan sangat bisa lain," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.