Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Name Tag" Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, Bukan Joko Widodo

Kompas.com - 29/10/2012, 12:51 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Semua orang tahu, Jokowi adalah nama panggilan Gubernur DKI Jakarta. Jokowi adalah kependekan dari nama Joko Widodo. Nama Jokowi populer sejak ia menjadi Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah. Nah, nama itu pula yang tertera dalam name tag atau papan nama yang terpasang di dada Gubernur DKI Jakarta, "Jokowi", bukan "Joko Widodo".

"Nama saya kan memang Jokowi. Siapa nama saya? Jokowi," kata Jokowi seusai upacara Sumpah Pemuda, di Lapangan Ex IRTI Monas, Jakarta, Senin (29/10/2012).

Ia beralasan, kalau menggunakan nama panjang dalam papan nama itu tidak akan cukup ruangnya. "Kalau pakai nama Joko Widodo ya penuh dong, enggak muat, ha-ha-ha," kata Jokowi sambil tertawa.

Pagi ini Jokowi menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Ex IRTI, Monas, Jakarta Pusat. Dalam pesannya, ia meminta semua pihak untuk menyadari dan menghargai perbedaan dalam hidup berbangsa dan bertanah air.

"Yang pertama, kita harus sadar kita satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Kita harus sadar pemuda masa depan bangsa ini sehingga kita harus memiliki satu visi ide dan gagasan," kata Jokowi.

Upacara tersebut dihadiri antara lain Ketua DPRD DKI, Wakil Gubernur DKI, anggota Forum Koordinasi Pimpinan DKI, Sekretaris Daerah, pejabat Pemerintah Provinsi DKI, pimpinan Penggerak PKK, Pangdam Jaya, Wakapolda, Kajati, Pangkoop AU I, dan Pang Armabar Kapengti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com