Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halte APTB Terminal Bekasi Belum Dioperasikan

Kompas.com - 05/11/2012, 12:33 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Halte untuk penumpang angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) di Terminal Bekasi, Jawa Barat, sudah selesai dibangun, tetapi belum dioperasikan.

Pantauan Kompas pada Senin (5/11/2012) menunjukkan, pintu halte masih tertutup. Jalur antre dan pemberhentian armada APTB diisi bus antarkota antarprovinsi. Bus APTB parkir di samping jalurnya.

"Belum dioperasikan karena belum dilengkapi rambu-rambu," kata Kepala Terminal Bekasi Zeno Bachtiar. Rambu dimaksud ialah penunjuk trayek, tanda berhenti, dan larangan masuk jalur halte bagi non-APTB.

Halte APTB itu dibangun sejak pertengahan September 2012 dan diyakini dioperasikan pada November 2012. Halte di terminal merupakan satu dari empat halte yang sedang dan akan dibangun untuk mendukung APTB Bekasi-Pulogadung yang resmi berjalan sejak Maret 2012.

Namun, halte-halte lainnya, seperti di Bulak Kapal (dua halte) dan dekat Gerbang Tol Bekasi Barat, belum dibangun. Dengan demikian, halte yang sudah siap hanya yang ada di terminal yang sudah dilengkapi dengan penyejuk udara.

Zeno menduga ketidaksiapan prasarana penunjang membuat animo masyarakat memakai APTB masih rendah. Buktinya, satu armada APTB rata-rata hanya mengangkut tidak lebih dari lima penumpang untuk perjalanan pergi-pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com