Kompas.com - 08/11/2012, 22:36 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

LONDON, KOMPAS.com Polisi Inggris kini melakukan penyidikan atas tuduhan operasi dan perawatan terhadap lebih dari 1.000 pasien kanker payudara yang diduga terjadi malapraktik. Penyelidikan ini juga diperkuat tim penyeidik dari Dewan Kesehatan Umum Inggris.

Kantor berita AP mengutip polisi Inggris di London, Kamis (8/11/2012), mengemukakan, pelaku operasi kanker payudara ini, Ian Paterson, diduga melakukan malapraktik atas sekitar 1.150 pasien kanker payudara yang pernah di tanganinya.

Dari semua operasi atas lebih dari 1.000 pasien, diduga ada operasi atau pembedahan kanker payudara yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, atau dilakukan dengan tidak semestinya dan tak sejalan dengan ketentuan yang ada.

Gugatan atas Paterson dilakukan oleh mantan pasiennya yang merasa pembedahan kanker payudara yang dilakukan Paterson sebagai tidak sesuai ketentuan dan kepantasan.

Dewan Kesehatan Umum yang mengeluarkan izin praktik kepada para dokter sudah membekukan pendaftaran dan izin Paterson sejak Oktober lalu menyusul dilakukan penyidikan atas praktik pembedahan kanker payudara yang dilakukannya.

Polisi di kawesan West Midlands, Inggris tengah, menegaskan, penyelidikan berkaitan dengan kemungkinan adanya aksi kriminalitas sudah dilakukan.

Pengacara dari sejumlah pasien menegaskan, ada 700 kasus dituduhkan kepada Paterson berkenaan dengan prosedur pembedahan di mana pembedahan tidak rapi. Selain itu, sejumlah pasien juga menerima perlakuan yang berlebihan untuk sebuah pembedahan kanker payudara, padahal sebenarnya langkah itu dinilai tidak perlu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.