Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Forum Guru di DKI Temui Jokowi

Kompas.com - 09/11/2012, 11:44 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari berbagai elemen masyarakat. Hari ini giliran beberapa guru perwakilan Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta menemui mantan Wali Kota Solo itu. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, para guru menyampaikan sejumlah permasalahan pendidikan di Ibu Kota dan meminta Jokowi melakukan tinjauan ke sejumlah sekolah.

Ketua FMGJ Retno Listyarti menyampaikan beberapa hal yang dinilainya harus menjadi perhatian serius Gubernur DKI. Pasalnya, jika tak dibenahi, maka dia khawatir masalahnya akan semakin kusut dan berdampak pada anjloknya kualitas pendidikan di DKI.

"Saya datang dengan janji. Semua masalah yang kami bahas berkaitan dengan masalah dan cara meningkatkan mutu pendidikan di Jakarta," kata Retno kepada Kompas.com, Jumat (9/11/2012) di Balaikota DKI Jakarta.

Retno mengatakan, banyak sekolah di Jakarta yang kedapatan memiliki prasarana berlebih. Misalnya, meja dan kursi, ataupun buku teks pelajaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Dengan membawa sebundel bukti berupa foto, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) ini juga membeberkan nama-nama sekolah yang dimaksudnya.

"Banyak prasarana yang menumpuk dan Pak Jokowi harus melihat langsung. Semuanya karena distribusi yang buruk," ujarnya.

Di luar itu, Retno juga menyinggung perihal akses pendidikan siswa miskin ke sekolah-sekolah RSBI. Ia meminta Jokowi dapat menghapus diskriminasi di dunia pendidikan dan menjamin semuanya berlangsung atas dasar akses akademik. "Sebelumnya diskriminasi itu kan masih terjadi, nah Pak Jokowi harus memastikan itu tak terjadi di era kepemimpinannya," ucap Retno.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com