Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Kali Laya di Depok Jebol

Kompas.com - 13/11/2012, 13:36 WIB
Prasetyo Eko P

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Tanggul Kali Laya, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok, jebol, Selasa (13/11/2012) sekitar pukul 01.00.

Air pun membanjiri puluhan rumah Perumahan Bukit Cengkeh 2 yang terletak di bawah tanggul. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang mengagetkan warga itu.

Namun, harta benda, seperti motor, mobil, peralatan elektronik, dan perabotan, rusak karena terendam air. Krisna (53), warga RT 06 RW 16, mengatakan, tanda-tanda tanggul hendak jebol sudah terlihat sekitar pukul 23.00.

"Sekitar pukul 01.00 tiba-tiba terdengar gemuruh dan air langsung menggenang," kata Krisna yang rumahnya tepat di samping tanggul yang jebol.

Air langsung mengalir deras ke jalan lingkungan Blok A di perumahan, mengalir ke Kali Jantung yang terletak di dalam kompleks perumahan.

Menurut Ketua RW 16 Arifin, puluhan rumah terendam. "Ada yang terendam hingga seleher. Beruntung warga sempat menyelamatkan diri semua, tidak ada korban jiwa," katanya. Satgas Banjir dari Dinas Bina Marga dan sumber Daya Air Depok berusaha menutup tanggul yang jebol.

Tanggul jebol sekitar tujuh meter, membuat aliran air langsung seluruhnya tumpah ke permukiman warga. Tak ada lagi air mengalir di Kali Laya selepas tanggul jebol.

Para anggota satgas kesulitan menutup tanggul karena derasnya air yang mengalir di jalan membuat petugas sulit mengangkut material.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

TANGGUL KALI LAYA JEBOL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com