Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Truk Tabrakan, Kernet Tewas

Kompas.com - 14/11/2012, 03:26 WIB

Bekasi, Kompas - Dua truk pembawa peti kemas dan satu dump truck pengangkut batubara tabrakan di jalur ke Bekasi Kilometer 10.800, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, Selasa (13/11), pukul 01.45. Doly Hermanto (24), kernet, tewas, sedangkan Asun (26), sopir, luka parah.

Berdasarkan keterangan petugas Informasi dan Komunikasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Ade Prihatna, kecelakaan disebabkan besi sambungan atau kopel pada truk pembawa peti kemas berpelat nomor B 9195 AS tiba-tiba lepas. Saat itu, truk melaju di tengah lajur dua.

Truk itu kemudian ditabrak dump truck pengangkut batubara berpelat nomor B 9663 GG yang melaju kencang di belakangnya. Akibatnya, truk peti kemas oleng dan terperosok ke parit jalan tol di sisi kiri. Adapun truk batubara oleng dan terbalik menutupi lajur tiga dan empat. Muatan batubara tumpah ke aspal.

Tidak berhenti di situ, truk batubara kemudian ditabrak truk pembawa peti kemas bernomor B 9427 LZ di belakangnya. Truk ketiga sebenarnya berusaha menghindari tabrakan, tapi gagal. Truk terakhir menabrak sisi kanan dan besi pembatas jalan tol.

Kernet dan sopir dump truck batubara terjepit. Petugas PT Jasa Marta (Persero), pengelola jalan tol, berhasil mengeluarkan Doly dan Asun kemudian membawa mereka ke RSUD Kota Bekasi. Namun, dalam perjalanan, Doly meninggal dunia. Asun yang patah tulang kaki kiri masih bisa diselamatkan, tetapi perlu rawat inap di RSUD.

Truk itu dipindahkan dan dibawa ke Pool Derek Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi. Adapun truk yang lepas kopel masih dibiarkan terperosok sebab sulit ditarik.

Akibat kecelakaan itu, arus kendaraan di lajur arah Bekasi tersendat. Kepadatan arus lalu lintas terasa hingga Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan Jalan Tol Dalam Kota yang terhubung dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Panjang kemacetan hingga belasan kilometer.

Kepala Unit Patroli Jalan Raya Jakarta-Cikampek Komisaris Hendra Wahyudi yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, tabrakan beruntun itu memang disebabkan truk mengalami lepas kopel. Untuk mencegah hal serupa, setiap pengendara diimbau mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian. Setiap hari, kecelakaan terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan kerusakan onderdil menjadi salah satu penyebabnya. (BRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com